No |
Kebutuhan Sertifikasi UKS/M |
1 |
Adanya rencana pembelajaran pendidikan Jasmani dan kesehatan |
2 |
Pendidikan kesehatan dilaksanakan secara kurikuler |
3 |
Pendidikan jasmani dilaksanakan secara kurikuler |
4 |
Pendidikan jasmani dan Kesehatan dilaksanakan secara ekstrakulikuler |
5 |
Melaksanakan Literasi dengan materi kesehatan |
6 |
Melaksanakan Pembinaan kader kesehatan Sekolah/Madrasah |
7 |
Melaksanakan Kegiatan CTPS (Cuci Tangan Pakai
Sabun) bersama |
8 |
Melaksanakan Kegiatan Sarapan bersama dengan gizi seimbang |
9 |
Melaksanakan Kegiatan Sikat gigi bersama |
10 |
Melakukan Peregangan di antara jam pelajaran |
11 |
Melakukan Tes kebugaran |
12 |
Pendidikan kesehatan (kespro, NAPZA, sanitasi, gizi) terintegrasi dengan mata pelajaran
lain |
13 |
Penerapan pendidikan karakter dan keterampilan hidup sehat |
14 |
Adanya forum komunikasi pendidik dan konselor sebaya |
15 |
Melibatkan orang tua dalam pendidikan
kesehatan |
16 |
Memfasilitasi puskesmas melaksanakan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala |
17 |
Melaksanakan pelayanan P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) dan P3P (pertolongan pertama pada penyakit) |
18 |
Melibatkan Puskesmas dalam penanganan rujukan jika diperlukan |
19 |
Membantu pemberian tablet tambah darah (TTD) pada remaja putrid |
20 |
Melaksanakan layanan konseling |
21 |
Kader kesehatan
melakukan konseling sebaya |
22 |
Menindaklanjuti hasil penjaringan dan pemeriksaan berkala |
23 |
Menurunnya jumlah hari tidak masuk
karena sakit |
24 |
Peserta didik memiliki status gizi baik |
25 |
Memiliki sumber air layak, tersedia di lingkungan satuan pendidikan dalam jumlah cukup |
26 |
Memiliki sarana cuci tangan dengan
sabun dan air mengalir |
27 |
Memiliki toilet dengan kondisi baik dan terpisah |
28 |
Memiliki saluran drainase |
29 |
Melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) |
30 |
Memiliki kantin |
31 |
Memiliki lahan/ruang terbuka hijau |
32 |
Memiliki tempat sampah yang tertutup |
33 |
Memiliki tempat pembuangan sampah sementara yang tertutup |
34 |
Ruang kelas dalam keadaan bersih |
35 |
Memiliki aturan KTR (Kawasan Tanpa Rokok), KTN (Kawasan Tanpa Narkoba), KTK (Kawasan Tanpa Kekerasan), KTP (Kawasan Tanpa Pornografi) |
36 |
Memiliki rasio toilet sesuai dengan standar Permendikbud 24/2007 |
37 |
Memiliki tempat sampah yang terpilah |
38 |
Memiliki kantin sehat |
39 |
Menerapkan KTR (Kawasan Tanpa Rokok) |
40 |
Memanfaatkan pekarangan sekolah/madrasah dengan menanam tanaman obat dan pangan |
41 |
Melakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) |
42 |
Tersedia toilet MKM (Manajemen Kebersihan Menstruasi) |
43 |
Air minum
disediakan oleh sekolah/madrasah |
44 |
Memiliki rasio toilet sesuai dengan standar kesehatan untuk peserta didik (Kepmenkes 1429/2006) |
45 |
Bekerja sama dengan puskesmas melakukan pemeriksaan kualitas udara dan skrining peserta didik perokok |
46 |
Bekerjasama dengan pihak lain untuk menyediakan bank sampah |
47 |
Melakukan kegiatan pengolahan tanaman obat dan pangan |
48 |
Tersedia Buku pegangan kesehatan (Buku UKS/M, Gizi Seimbang, Kespro, Sanitasi, Napza dll) |
49 |
Ada penanggungjawab UKS/M |
50 |
Tersedia Media KIE kesehatan (Alat peraga, Poster Kesehatan, Plang Himbauan, Majalah Kesehatan) |
51 |
Tersedia sarana prasarana olahraga |
52 |
Tersedia dana untuk kegiatan UKS/M dan pemeliharaan sanitasi sekolah/madrasah |
53 |
Terdapat kemitraan dengan Puskesmas |
54 |
terdapat perencanaan kegiatan UKS/M di sekolah/madrasah |
55 |
Menggunakan Buku Rapor Kesehatanku |
56 |
Melakukan konsultasi/koordinasi dengan Tim Pembina
UKS/M |
57 |
Memiliki ruang UKS/M |
58 |
Adanya kemitraan dengan instansi terkait |
59 |
Tersedia sarana dan prasarana sekolah/madrasah aman bencana |
60 |
Melakukan pembinaan dan pengawasan |
61 |
Seluruh guru terorientasi UKS/M |
62 |
Menggunakan Rapor Kesehatan Lingkungan dan Kantin |
0 comments:
Post a Comment